Galian C Kian Meresahkan, APG Desak Kades Gadu Barat Tidak Tutup Mata

  • Whatsapp

POLICELINE NET–Penolakan terhadap galian C di Dusun Prigi terus menuai gelombang penolakan. Anehnya, belum ada tindakan berarti dari pihak Kepala Desa setempat,semisal menutup aktivitas penambangan.

“Dari awal kami secara tegas menolak adanya Galian C di Dusun Prigi ini. Bukan hanya masalah kerusakan lingkungan, tapi di puncak bukit itu terdapat maqbaroh orang-orang suci yang disakralkan warga setempat,” ujar Ghufron Burhanudin, Koordinator Aliansi Pemuda Gadu Barat (APG) kepada media ini, Selasa 07 Desember 2021.

Dijelaskan Ghufron, Galian C Di kawasan Asta Bujuk Prigi dinilai telah mengganggu kesakralan masyarakat terhadap asta leluhur yang selama ini dinilai sangat keramat. Pihaknya khawatir, akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan jika penambangan yang diduga ilega tersebut tidak segera dihentikan.

“Sejak awal kami sudah khawatir dengan belum dihentikannya galian C dikawasan Bujuk Prigi yang bedekatan dengan asta Gung Pandhek yang kesohor. Kami berharap penambangan ini segera dihentikan oleh seluruh aparar terkait,” tandasnya .

Selain ini, lanjut Ghufron mewakili seluruh aktivis APG dan masyarakat yang ikut keberatan dengan galian C itu, mendesak Kepala Desa Gadu Barat segera turun tangan sebagai orang nomor satu di desa mereka.

” Kades itu orang nomor satu di desa kami. Sudah sewajarnya untuk turun tangan, berdiri digaris terdepan untuk memimpin penolakan Galian C. Jika itu tidak dilakukan, kami akan melakukan evaluasi khusus kinerja dan pengabdiannya selama ini,” imbuh Ghufron menandaskan.

Disinggung soal beredarnya tanda tangan Kepala Desa Gadu Barat yang beredar di media sosial, Ghufron mengaku tidak penting.

“Benar atau tidak tanda tangan Kades Gadu Barat soal galian C itu tidak penting. Yang terpenting sekarang pertanyaannya, kenapa Pak Kades kita tidak berani melarang ataupun mencegah galian C di Dusun Prigi itu. Ada apa dengan Kepala Desa kita,” sindirnya lagi dengan suara berang.

Hingga berita ini diunggah belum ada konfirmasi apapun dari pihak Kades setempat. Nomor handpone Kepala Desa yang biasa digunakan juga tidak bisa menerima panggilan alias tidak tersambung.

Sementara Kasatpol PP Sumenep, saat dihubungi wartawan justru mengaku belum mengetahui adanya aktivitas galian C di Desa Gadu Barat. Kecamatan Ganding, Sumenep.

“Memang ada Galian C yaa dimana itu..? ini saya baru tahu kalau di Gadu Barat ada Galian C,” ujar Kasatpol PP Sumenep, Purwo Edi Prawito, S.STP melalui sambungan telpon wartawan.
Senin 06 Desember 2021 kemarin.

Mantan Camat Batu Putih ini juga menyinggung soal soal izin Galian C yang kewenangannya ada di pemerintah Provinsi – Penprov Jatim.

“Izin Galian C itu izinnya ke provinsi, tapi saya pastikan kami akan buat laporan terkait keberadaan Galian C di Gadu Barat itu,” dalih Purwo menutup keterangannya kepada awak media. (dbs/tim)

Sumber: Policeline
Editor: Ferry Arbania

KOMENTAR

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.